Rahmat Saleh Tegaskan Mahyeldi-Vasko Sah

Teka-teki pendamping petahana Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi dalam Pilgub Sumbar 2024 akhirnya terjawab. Mahyeldi resmi berpasangan dengan politisi Gerindra, Vasko Ruseimy. Pengumuman ini disertai dengan beredarnya Surat Keputusan (SK) Penetapan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar Periode 2024-2029 dari partai PKS dan Gerindra.

Surat Keputusan dari PKS dan Gerindra

SK dari PKS

SK dari PKS ditandatangani oleh Presiden PKS Ahmad Syaiku dan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi pada 4 Juli 2024. Dalam SK tersebut, tertuang nama Mahyeldi sebagai Bakal Cagub Sumbar dan Vasko Ruseimy sebagai Calon Wagub Sumbar. Selain itu, DPW PKS Sumbar diperintahkan untuk mendaftarkan pasangan calon tersebut ke KPU Provinsi Sumbar sesuai dengan tanggal pendaftaran yang ditentukan.

SK dari Gerindra

SK dari Gerindra terbit pada Kamis, 11 Juli 2024, dan ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto serta Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. SK tersebut juga menetapkan Mahyeldi sebagai Bakal Cagub Sumbar dan Vasko Ruseimy sebagai Calon Wagub Sumbar.

Konfirmasi dari PKS Sumbar

Pernyataan Rahmat Saleh

Sekretaris DPW PKS Sumbar Rahmat Saleh mengonfirmasi bahwa SK penetapan yang beredar dari kedua partai tersebut memang sah dan sudah diterbitkan oleh masing-masing partai.

“Itu memang SK yang beredar itu sudah diterbitkan (oleh) masing-masing partai,” kata Rahmat via seluler di Padang, Jumat (12/7/2024).

Proses Panjang Penetapan

Rahmat menjelaskan bahwa penerbitan SK ini telah melalui proses yang cukup panjang.

“Insya Allah dengan proses yang begitu panjang itu sudah diputuskan oleh DPP masing-masing, ya PKS sudah memutuskan bahwa Insya Allah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (Sumbar) adalah Mahyeldi-Vasko yang diusung oleh PKS dan Gerindra bersama partai tambah lainnya,” kata Rahmat.

Deklarasi Pasangan Mahyeldi-Vasko

Menunggu Deklarasi Resmi

Rahmat juga menambahkan bahwa deklarasi pasangan Mahyeldi-Vasko masih dalam tahap pembahasan dan diperkirakan akan diumumkan dalam waktu dekat.

“Kalau untuk itu (deklarasi) nanti kita umumkan, masih dibahas, diperkirakan dalam waktu dekat,” pungkas Rahmat.

Kesimpulan

Dengan terbitnya SK dari PKS dan Gerindra, Mahyeldi dan Vasko Ruseimy resmi menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar untuk Pilgub Sumbar 2024. Proses panjang penetapan ini menunjukkan komitmen kedua partai dalam menentukan pasangan calon terbaik untuk memimpin Sumatera Barat periode 2024-2029. Deklarasi resmi pasangan ini diharapkan segera diumumkan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *