ISRO Menyelenggarakan Hackathon Luar Angkasa India untuk Pelajar

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) telah menyelenggarakan Bhartiya Antariksh Hackathon sebagai bagian dari Hari Luar Angkasa Nasional 2024 (NSpD), yang menampilkan 12 pernyataan masalah tentang Aplikasi Geo-Spasial dari pusat NRSC, PRL, NESAC, SPL, dan SAC.

Sesuai ISRO, Tim yang terdiri dari 3-4 mahasiswa India dari program sarjana, pascasarjana, dan PhD diundang untuk berpartisipasi dalam Hackathon yang melibatkan proses penyaringan dua tingkat yang ketat.

Badan antariksa India mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Awalnya, 100 tim akan dipilih berdasarkan ide mereka dan relevansinya dengan pernyataan masalah. Dari jumlah tersebut, komite ahli akan memilih 30 tim untuk grand final.”

Kapan Final dijadwalkan?
Grand final, acara maraton 30 jam, akan diadakan di NRSC Outreach Facility di Jeedimetla, Hyderabad, mulai pukul 10:00 IST pada 13 Agustus 2024.

Bagaimana cara berpartisipasi?
Acara hackathon dikelola melalui portal web khusus. Proposal dapat diajukan melalui portal hingga 26 Juli 2024. Daftar tim yang lolos ke babak grand final akan diumumkan pada 2 Agustus 2024.

Pembaruan misi Aditya L1
Misi surya pertama India, pesawat ruang angkasa Aditya-L1 menyelesaikan orbit halo pertamanya di sekitar titik L1 Matahari-Bumi pada 2 Juli, kata ISRO dalam sebuah pernyataan. Misi Aditya-L1 adalah observatorium surya India di titik Lagrangian L1, diluncurkan pada 2 September tahun lalu dan dimasukkan ke dalam orbit halo yang ditargetkan pada 6 Januari.

Pesawat luar angkasa Aditya-L1 di orbit Halo membutuhkan waktu 178 hari untuk menyelesaikan revolusi di sekitar titik L1. Selama perjalanannya di orbit halo, pesawat ruang angkasa akan mengalami berbagai gangguan yang akan menyebabkannya menyimpang dari orbit yang ditargetkan, kata ISRO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *